APAKAH BAURAN PROMOSI MENENTUKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK MENGINAP?

Authors

  • Arie Wibowo Irawan Universitas Pakuan
  • Hari Muharam Universitas Pakuan
  • Lucky Sandra Rahayu Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.53698/essence.v1i2.12

Keywords:

Hotel, Keputusan Menginap, Pariwisata, promotion mix, stay decision, Tourism, Bauran Promosi

Abstract

ABSTRAK

Persaingan bisnis perhotelan di masa Pandemi Virus Covid-19 menjadi semakin ketat. Agar tetap bertahan pada situasi tersebut perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang efektif dan efisien, salah satu caranya dengan meningkatkan kegiatan baruan promosi. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh bauran promosi terhadap keputusan menginap di R Hotel Rancamaya Bogor. Penelitian ini mengunakan data kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Unit analisis yang digunakan adalah individual konsumen member Freevilage Card R Hotel Rancamaya Bogor. Pemilihan responden atau sample dilakukan dengan metode Non Probability Sampling dan menggunakan metode penarikan quota sampling dengan total 120 responden berdasarkan perhitungan rumus Solvin. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara terhadap pihak-pihak berkepentingan, kuesioner dan pengumpulan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linear sederhana, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bauran promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan menginap. Berdasarkan uji F, bauran promosi secara simultan atau bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap di R Hotel Rancamaya Bogor. Selain itu bauran promosi memberikan kontribusi sebesar 61,2% terhadap keputusan menginap, sedangkan sisanya dipengaruhi 38,8% oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

ABSTRACT

Competition in the hospitality business during the Covid-19 Virus Pandemic is becoming increasingly tight. In order to survive in this situation the company must have an effective and efficient marketing strategy, one way is by increasing new promotional activities. This study aims to identify the effect of the promotion mix on the decision to stay at R Hotel Rancamaya Bogor. This study uses quantitative data with the type of associative research. The unit of analysis used is the individual consumer member of the Freevilage Card R Hotel Rancamaya Bogor. The selection of respondents or samples was carried out using the Non Probability Sampling method and using the quota sampling method with a total of 120 respondents based on the calculation of the Solvin formula. Data was collected through direct observation, interviews with interested parties, questionnaires and secondary data collection. The analytical method used is descriptive analysis, classical assumption test, simple linear regression, hypothesis testing and coefficient of determination. The results showed that the promotion mix had a positive and significant effect on the decision to stay. Based on the F test, the promotion mix simultaneously or together has a significant effect on the decision to stay at R Hotel Rancamaya Bogor. In addition, the promotion mix contributed 61,2% to the decision to stay, while the remaining 38,8% was influenced by other factors not examined in this study.

References

Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Dharmmesta, B. S. & Handoko, T. H. (2017). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Hanafi, N. A. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung di Pantai Sulamadaha Ternate. (Skripsi). Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.

Hidayah, N. (2019). Pemasaran Destinasi Pariwisata. Bandung: Alfabeta.

Ismayanti. (2010). Pengantar Pariwisata. Jakarta: Grasindo.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing. London: Pearson.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15th Edition. London: Pearson Education.

Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.

Molika, E., Abdillah, Y., & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Hotel Terhadap Keputusan Menginap Business Traveler Di Hotel Bisnis Studi Pada Tamu Hotel Ibis Surabaya City Center. Jurnal Administrasi dan Bisnis, 44(1), 1-7.

Prawira, S. H. & Pangestuti, E. (2019) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Menginap Survei Pada Wisatawan Yang Menginap di Hotel Arjuna Kota Batu. Jurnal Administrasi dan Bisnis, 72(1), 184-191.

Raharta, A. M. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Menginap Konsumen di Hotel Citadines Kuta Beach Bali. (Skripsi). Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.

Ratnasari, R.T., Risman, S., & Aksa, M.H. (2011). Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudarso, A. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan (Dilengkapi dengan Hasil Riset Pada Hotel berbintang di Sumatera Utara). Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

www.kemenparekraf.go.id (Diakses pada 1 Desember 2021)

www.bps.go.id (Diakses pada 1 Desember 2021)

Downloads

Published

2022-08-29